Diskusi

Anda punya pertanyaan atau mungkin gagasan, ide, pendapat, komentar, atau apapun istilahnya, yang berkaitan dengan STATISTIK TERAPAN?

Tidak perlu sungkan untuk menyampaikan.

Semoga bermanfaat bagi kita dan terimakasih atas pertisipasinya.

28 comments:

  1. Halo Pak Jalal, Saya numpang Share ya. Telah Tebit Dua Buku PLS Terbaru dan Satu buku SEM TETRAD sebagai berikut:
    1. Author = Hengky Latan dan Prof. Dr. Imam Ghozali, M.Com
    Title = Partial Least Squares: Konsep, Metode dan Aplikasi menggunakan Program WarpPLS.
    Penerbit = Badan Penerbit Universitas Diponegoro
    Year = 2012
    ISBN = 978.602.097.229.9
    Buku Disertai CD Program dan Data
    Untuk pesan buku ini hubungi via E-mail ghozali_imam@yahoo.com / hengkylatan@yahoo.com

    2. Author = Hengky Latan dan Prof. Dr. Imam Ghozali, M.Com
    Title = Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi SmartPLS 2.0 M3
    Penerbit = Badan Penerbit Universitas Diponegoro
    Year = 2012
    ISBN = 979.704.300.2
    Buku Disertai CD Program dan Data
    Untuk pesan buku ini hubungi via E-mail ghozali_imam@yahoo.com / hengkylatan@yahoo.com

    3. Author = Hengky Latan dan Prof. Gudono, Ph.D., CMA
    Title = SEM: Structural Equation Modeling Aplikasi Software TETRAD IV
    Penerbit = BPFE Yogyakarta
    Year = 2012
    ISBN = 979-503-568-1
    Buku Disertai CD Program dan Data
    Untuk pesan buku ini hubungi via E-mail hengkylatan@yahoo.com / Tlp. (0274) 373760

    ReplyDelete
  2. Tidak masalah pak Hengky.
    Selamat dan sukses terus dengan buku-bukunya.

    Salam,
    Jalal

    ReplyDelete
  3. Selamat sore pak Jalal, nama saya Nova, skrg saya sedang mengerjakan skripsi tentang pengaruh variable fundamental terhadap harga saham, saya mau bertanya mengenai topik transformasi data yg sebelum nya sudah saya baca pada diskusi pak Jalal di forum tanya jawab statistik lainnya.

    Saya melakukan uji normalitas dan ternyata data saya tidak normal dilihat dari PP Plot dan uji K-S , sy mau mentransformasikan data menggunakan rumus LN atau log10 tetapi data saya ada yang negatif dan 0, maka dengan petunjuk yg pernah sy baca dari tanya jawab terdahulu oleh pak Jalal, sy melakukan formula log (Xi + k) dimana K adalah nilai positif untuk mempositifkan nilai variable saya yg negatif.

    Pertanyaan saya, apakah saya boleh melakukan formula log (xi + k) pada variable saya yg merupakan nilai Rasio?

    ReplyDelete
  4. Selamat pagi mbak Nova..Maaf dengan respon yang agak telat.
    Transformasi yang akan kita lakukan nantinya akan merubah data kita. Dan itu berlaku untuk semua jenis data, termasuk data rasio. Jadi semestinya bukan masalah melakukan transformasi log(xi+k) kalau itu memang menjadi pilihan (melakukan transformasi data).
    Demikian mbak Nova.

    Salam,
    Jalal

    ReplyDelete
  5. Selamat pagi mas Jalal,

    Saya mau bertanya seputar ANOVA. Apakah ada ketentuan akan kecukupan sampel pada ANOVA? Penelitian saya menggunakan 4 industri berbeda menggunkan one way ANOVA, akan tetapi sampel pada keempat industri tersebut agak berbeda, yaitu industri garmen 97 responden, industri sepatu 57 responden, industri makanan 40 responden, dan tekstil 39 responden. Saya mendapat masukan dari penguji bahwa pada ANOVA, kecukupan sampel tidak boleh terlalu banyak berbeda seperti pada industri garmen dibandingkan dengan ketiga industri lainnya. Apakah ada ketentuan bahwa sampel pada ANOVA tidak boleh berbeda? Adakah dasar ataupun buku yang membahas akan hal tersebut? Solusi apa yang terbaik untuk masalah saya tersebut?

    Mohon masukannya mas Jalal. Terima kasih.

    Salam,
    Wiwid Safitri

    ReplyDelete
  6. Selamat pagi mas jajal

    Mohon bantuannya. Saya saat ini sedang menyusun tesis dengan menggunakan analisis jalur. yang jadi pertanyaan adalah variabel intervening tidak signifikan terhadap variabel endogen atau dependen. apakah bila variable intervening tidak signfikan masih tepat varibel tersebut digunakan dalam analisis jalur.

    Trims

    Salam,

    Ronald Yulianto

    ronaldyuliant@gmail.com

    ReplyDelete
  7. Selamat sore, Pak Jalal. Nama saya Yanti. Saya masih bingung menghitung nilai z tabel. Kalau sampel saya 313, berapakah nilai z tabelnya? Saya sedang melakukan penelitian dengan product of coefficient. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear mbak Yanti, nilai z tabel untuk taraf signifikansi 5% atau 0,05 adalah 1,96. Untuk 1% atau 0,01 = 2,58. Untuk 10% atau 0,10 adalah 1,64

      Delete
  8. halo pak jalal saya ingin tanya apakah untuk R square dalam pls ada syarat tertentu?karna dlm hasil pengujian saya R square yg saya dpt hanya 0,2 dan 0,4..sementara untuk smua uji t,ujia reliabilitas dll telah memenuhi syarat.hanya tinggal R square yg mmbuat saya blm yakin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Lystia...
      Kalau dalam Hair, J. F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM: indeed a silver bullet. Journal of Marketing Theory and Practice, 19(2),139-151, membaginya:
      0,75 = substansial; 0,50 = moderat; dan 0,25 = weak. Jadi cukup baik menurut saya. Ada ukuran lain yang bisa disampaikan adalah statistik Stone-Geiser Q2 yang digunakan untuk menguji relevansi prediktif (predictive relevance). Sepanjang Q2 > 0 maka model dinyatakan memiliki relevansi prediktif (Fornell, C and Bookstein, F L., 1982; Sellin, N., 1990; Henseler, J., at al., 2009; Hair et al., 2011).
      Demikian. Salam,
      Jalal

      Delete
  9. Halo pak Jalal, saya ingin tanya, kalau data yang dipakai adalah data panel, dengan analisis regresi linier berganda, apakah perlu melakukan uji asumsi klasik?
    Terimakasih pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagaimana pada data cross-section dan juga time series, regresi pada data panel (kombinasi cross-section dan time series) juga mensyaratkan terpenuhinya beberapa asumsi. Namun karena karakteristiknya berbeda, tdak semua software menyajikannya. Setau saua Stata menyediakannya.

      Delete
  10. Kalau pakai Eviews 8 apa bisa ya pak?
    Terimakasih pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eviews 8 hanya menyajikan normality test untuk panel data.

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Pak jalal, saya sedang berkutat dengan skripsi saya tentang pengaruh implementasi scm terhadap kinerja perusahaan.. dari hasil yg didapat dalam WarpPLS didapatkan Cronbach alpha <0.7.. apa yang harus dilakukan pak?
    Terimakasih pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut Hair at al (2014: 90) Reliabilitas 0.60 masih bisa diterima sebagai batas terendah. Kalau masih ingin ditingkatkan misalnya > 0.70 bisa ditempuh dengan menghilangkan ittem-item yang jelek yang justru bisa menurunkan reliabilitas Cronbach Alpha ketika dipake. SPSS menyajikannya dalam "Alpha if item deleted"

      Demikian,
      Jalal

      Delete
    2. Oh begitu ya pak...
      Di dalam hasil warppls saya lihat composite reliability untuk 4 variabel sudah di atas 0.7.. sedangkan berbeda dengan cronbach karena ada 1 yang dibawah 0.6.. kenapa bisa terjadi ya pak? Apa variabel itu harus di drop pak?
      Dan untuk AVE didapatkan 1 variabel dengan skor 0.46 tidak memenuhi batasan AVE yaitu 0,5.. apa yg harus dilakukan pak
      Terimakasih pak

      Delete
    3. Menurut pengalaman, bila ingin AVE tinggi, Cronbach alpha juga harus tinggi. Reliabilitas mengukur konsistensi antar item. Bila item tidak saling konsisten maka dipastikan reliabilitas rendah. Buang saja item yang bila dibuang (alpha if item deleted) akan meningkat reliabiltas.

      Salam,
      Jalal

      Delete
  13. Selamat sore Pak, saya Delia.
    INgin bertanya, penelitian saya analisis dengan WarpPLS. Untuk nilai Composite reliability sudah di atas 0,7 semua. Namun untuk nilai Cronbach Alpha, ada 1 variabel yang nilainya hanya 0,5.....
    Apakah ini masih bisa disebut reliable atau bagaimana ya Pak?
    Apa yang harus dilakukan. Mengingat Variabel ini hanya 2 indikator dan sudah valid semua. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear mbak Della..gunakan composite reliability dan jangan cronbach alpha untuk mengukur reliabilitas konsistensi internal. Cronbach alpha sangat sensitif dengan jumlah item (indikator) dalam konstruk (variabel). Cenderung underestimate konsistensi internal, jadi cenderung lebih kecil (sebagaimana kasus mbak Della) (Hair, J. F., at al., 2014: 101).

      Referensi:
      Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., and Sarstedt, M. 2014. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM), Sage: Thousand Oaks

      Salam,
      Jalal


      Delete
  14. Sekamat malam pak, sy linda sedang mengerjakan skripsi menggunakan warpPLS. Data sy lolos uji validitas konvergen dan diskriminan tetapi tidak lolos uji reliabilitas. Menurut bapak, selanjutnya saya harus bagaimana? Terima kasih pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear mbak Lindah, coba drop item yang loadingnya terendah pada konstruk yang reliabilitasnya rendah tersebut.

      Salam,
      Jalal

      Delete
  15. Selamat sore pak Jalal, saya Andika. Saya sedang menyelesaikan tesis saya dengan menggunakan metode olah data menggunakan SmartPLS 2.0. Saya menggunakan taraf signifikansi 5%. Yang ingin saya tanyakan, pada output PLS dimana ya pak dapat kita lihat errornya yang dibawah 0.05 (5%) itu? Apakah selain melihat signifikansi pengaruh mll nilai t statistik yang > 1.96, hasil keluaran error penelitian yang < 0.05 dapat muncul pada output?
    Apakah ada literatur yang mengatakan bahwa signifikansi hubungan antar variabel selain melihat nilai t statistiknya juga harus melihat nilai errornya?
    apakah standard error yang muncul pada tabel outer loading, dapat digunakan untuk melihat nilai error penelitian yang < 5%?
    Mohon bantuan jawabannya pak, terima kasih

    Salam

    ReplyDelete
  16. selamat pagi pak
    saya mau tanya tentang program tetrad IV khusunya analisis jalur(path analisis) saya sudah membeli buku prof. imam ghozali tapi saya brlum berhasil melakukan instal apakah bapak bisa memberi masukan dan membantu dalam proses olah data dengan path analisis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya saya belum pernah menggunakan program Tetrad IV

      Delete
  17. Selamat malam pak, saya sedang melakukan penelitian dengan memakai Warpls 5.0, semua syarat outer model telah terpenuhi,tapi saya mempunyai masalah dimana nilai AVE <0.5 yaitu 0.489 ,,, apa yang harus saya lakukan pak ? Apakah nilai AVE boleh di bulatkan atau bagaimana pa? Terimakasih

    ReplyDelete
  18. Aslm pak,,
    Saya mwnggunakan analisis jalur ,,dan datanya data panel
    Bagaimana penyelesaian nya pak

    ReplyDelete